Monday, March 13, 2017

5 Cara Sukses Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga di Rumah

5 Cara Sukses Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga - Jaman sekarang, banyak kalangan wanita yang mempunyai perjuangan atau bisnis, sebagai pelengkap pemasukan rumah tangga dan tidak hanya mengandalkan nafkah dari suami saja. Berbagai urusan ekonomi digeluti dan tidak jarang dari mereka yang mampu menerima keuntungan berlipat ganda. Meski menjadi seorang ibu, seorang wanita juga mampu mengatur waktunya secara seimbang, antara urusan ekonomi dan keluarga.

Karena bagaimanapun juga kewajiban ibu rumah tangga yaitu menjaga keluarga dan nafkah yaitu kewajiban suami sehingga alangkah baiknya sebelum memulai suatu urusan ekonomi di diskusikan dengan sang suami. Dengan izin suami anda urusan ekonomi yang anda jalankan semoga berkah dan mampu anda jalankan dengan tenang. Namun kebanyakan suami akan menginkan anda berbisnis apalagi jikalau urusan ekonomi tersebut di jalankan dari rumah.

5 Cara Sukses Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga di Rumah

Peluang bisnis yang dilakukan dari rumah ini cukup menjanjikan, lho. Apalagi jikalau para ibu jeli melihat pangsa pasar dan kesempatan pemasaran produk. Dengan kondisi para ibu yang memiliki anak, serta tetap mengurus segala keperluan dan kebutuhan rumah tangga, cara sukses jadi ibu sambil berbisnis dibawah ini patut dicoba. Nah, apa saja yang harus ibu ketahui sebelum memulai urusan ekonomi di rumah? Yuk, simak ulasan 5 Cara Sukses Makara Ibu Sambil Berbisnis berikut ini!

Cara Sukses Makara Ibu Rumah Tangga Sambil Berbisnis


1. Pintar Membagi Waktu

Sebenarnya tidak mudah menjalankan perjuangan atau urusan ekonomi dari rumah, apalagi jikalau Anda seorang ibu dan memiliki belum dewasa yang masih kecil dan sangat membutuhkan perhatian besar. Sungguh, tidak mudah. Dan untuk memenuhi hasrat menjadi ‘A good Mompreneur’, cara sukses jadi ibu sambil berbisnis yaitu Anda harus mampu mengalokasikan waktu khusus dalam menjalankan dan mengelola urusan ekonomi Anda. Secara tidak langsung, Anda dituntut untuk menjadi seorang profesional dalam hal membagi waktu antara keluarga dan bisnis.

Dan menjadi seorang pro dalam pembagian waktu ini membutuhkan trik khusus semoga pekerjaan, datangnya jual dan beli, serta prioritas keluarga tidak terganggu. Ada baiknya Anda menetapkan jam kerja, menyerupai misalnya pagi dari jam 10 hingga sore jam 5 dan kembali aktif di jam 7 hingga 9 malam. Sesuaikan saja dengan jadwal harian keluarga Anda.

Mengatur jadwal kerja jangan lantas mengurangi waktu harian Anda pada keluarga. Ini justru akan menjadikan konflik antar anggota keluarga, mampu jadi ujung-ujungnya Anda meninggalkan urusan ekonomi alasannya yaitu dituntut untuk tetap menjadi ibu rumah tangga yang ‘tepat jadwal’. Rugi dong, perjuangan yang sudah dibuat. Maka dari itu, Anda harus memberitahukan pula jadwal kerja Anda, yang tidak mengganggu jadwal harian, kepada suami dan anak-anak. Jangan hingga nantinya timbul prasangka buruk, baik dari keluarga maupun klien Anda.

2. Konsekuensi dan Disiplin

Inilah yang biasanya menjadi sebuah permasalahan dalam keluarga. Lagi-lagi waktu dan perhatian. Seorang ibu memang mampu memikirkan banyak hal dalam satu waktu, namun tidak pada prakteknya. Anda harus tahu seberapa besar porsi perhatian Anda pada bisnis, tentunya ini mengharuskan Anda menomor dua-kan bisnis. Prioritasnya tetap satu, keluarga.

Acap kali ditemukan belum dewasa yang bermasalah, seolah mencari perhatian di luar rumah. Hal ini tidak lain alasannya yaitu kurangnya perhatian dari ibu yang terlalu sibuk mengurus urusan ekonomi di rumah. Tentu Anda tidak mau menjadi Ibu yang disalahkan hanya alasannya yaitu kurangnya kasih sayang terhadap anak, bukan?

Konsekuensi inilah yang harus Anda pertimbangkan, yang kemudian mampu menjadikan Anda menepati waktu atau disiplin waktu. Memang tidak mudah, namun Anda mampu mencobanya. Solusi kunci cara sukses berbisnis di rumah yaitu tetap berkomunikasi dengan baik dengan keluarga, bahkan Anda mampu menyampaikan bagaimana mengelolanya pada anak secara garis besar, semoga anak pun beradaptasi dengan urusan ekonomi Anda di rumah. Namun tentunya, tidak sebesar porsi Anda mengelola urusan ekonomi tersebut.

3. Managemen Keuangan

Dengan berbisnis, Anda juga menerima keuntungan. Keuntungan inilah yang harus Anda atur dan kelola juga dengan baik. Semakin besar keuntungan yang didapat, Anda juga harus semakin arif dan cerdas mengaturnya.

Managemen keuangan yang baik yaitu dengan tidak mencampurkan dana rumah tangga dengan dana perjuangan Anda. Ini memudahkan Anda dalam melihat prospek dan perkembangan urusan ekonomi Anda di rumah. Jika terdapat keuntungan yang ingin Anda masukkan kedalam dana rumah tangga, ada baiknya Anda berdiskusi dengan suami.

Jangan lupa untuk selalu mencatat pemasukan, pengeluaran, modal, serta untung-rugi dalam sebuah buku – menyerupai kas kecil dan kas besar. Penting bagi Anda, seorang ibu, untung mengatur arus masuk dan keluarnya uang semoga urusan ekonomi Anda seimbang dan lancar seterusnya.

4. Pilih Bisnis Yang Sesuai Dengan Minat

Banyak urusan ekonomi yang mampu Anda pilih, baik secara online maupun offline. Terkadang godaan keuntungan besar menjadikan Anda ingin mengelola urusan ekonomi dengan banyak bidang sekaligus. Hindari godaan tersebut! Cara sukses jadi ibu sambil berbisnis berikutnya yaitu dengan tetap menyesuaikan waktu dan kesenangan Anda, alasannya yaitu urusan ekonomi yang sesuai dengan minat tentunya lebih menjanjikan daripada mengelola beberapa urusan ekonomi sekaligus yang justru akan merusak jadwal Anda dalam keluarga.

Menjalani urusan ekonomi sesuai minat justru akan membuat Anda tetap konsisten menjalaninya. Konsistensi inilah kunci utama keberlangsungan urusan ekonomi dalam waktu yang lama. Pada umumnya, para ibu menyukai urusan ekonomi di bidang Fashion, Kecantikan, Makanan dan Kesehatan. Nah, Anda mampu mengambil salah satu bidang tersebut dan menjadikannya perjuangan berbasis passion.

5. Semangat Menekuni Bisnis

Cara sukses jadi ibu sambil berbisnis terakhir yaitu dengan menekuni urusan ekonomi Anda. Semangat! Wajar jikalau dalam perjalanan bisnis, Anda merasa bosan dan jenuh. Selain alasannya yaitu aktifitas rumah yang mampu jadi bertambah seiring dengan bertambahnya usia anak, kejenuhan mampu datang alasannya yaitu banyaknya order yang tak kunjung henti. Itu menandakan bagus, namun inilah faktor kebosanan itu.

Maka dari itu, pemilihan bidang urusan ekonomi yang tepat, pengaturan waktu yang cerdas, komunikasi yang intens, serta managemen keuangan yang teratur mampu menjadikan Anda lebih semangat menjalani dan menekuni urusan ekonomi Anda dirumah, sampingan peran Anda sebagai ibu rumah tangga.
Baca Juga : 6 Tips Membangun Toko Online Agar Sukses Besar Saat Ini
Semoga cara sukses jadi ibu sambil berbisnis diatas bermanfaat bagi Anda, jangan lupa share artikel ini dan terus ikuti blog ini untuk menerima artikel urusan ekonomi terbaru. Terimakasih sudah membaca ulasan Cara Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga.